Cara Bayar Listrik Pascabayar PLN di Alfamart

Cara Bayar Listrik Pascabayar PLN di Alfamart – Siapa bilang minimarket hanya bisa dijadikan tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari? Bahkan saat ini, Anda bisa membayar dan membeli apapun di minimarket, seperti Alfamart misalnya. Mulai dari membeli pulsa, membeli saldo dompet digital, membayar tiket yang sudah dibooking melalui aplikasi hingga membayar tagihan telpon, air dan listrik. Terutama yang paling sering dilakukan adalah membayar tagihan listrik pasca bayar. Cara bayar listrik di Alfamart bahkan sangat mudah dan cepat.

Mau Bayar Listrik yang Cepat dan Tidak Report? Ikuti Cara Bayar Listrik di Alfamart Berikut

Alfamart sendiri merupakan salah satu gerai minimarket yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Gerainya sendiri kini sudah memiliki lebih dari 10.000 gerai yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Menariknya lagi, Alfamart tidak cuma menjadi tempat dimana pelanggan bisa berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari saja. Disini Anda juga bisa membayar berbagai tagihan atau membeli berbagai jenis produk digital. Membayar listrik di Alfamart bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk membayar tagihan listrik Anda.

Ada dua cara bayar listrik di Alfamart yang bisa Anda gunakan. Pertama jika di dalam Alfamart terdapat mesin pembayaran listrik secara otomatis. Bentuk mesinnya berupa layar sentuh berukuran kira-kira 21 inchi. Jika menemukan alat ini, Anda bisa mengikuti cara berikut.

Datang ke Mesin Tersebut dan Tekan Pada Menu Pembayaran Listrik

Setelah Anda menemukan mesin tersebut, lihat dari menu utamanya. Lalu, pilih pada menu ‘Pembayaran Listrik’. Jika Anda tidak bisa mengoperasikannya, Anda bisa meminta bantuan pada pegawai Alfamart yang sedang bertugas.

Ikuti Instruksi yang Diberikan

Setelah menekan tombol menu ‘Pembayaran Listrik’ tersebut, langkah cara bayar listrik di Alfamart berikutnya tinggal ikuti instruksi yang disediakan oleh sistemnya. Dari instruksi tersebut nantinya Anda akan diminta memasukkan nomor pelanggan Anda.

Ambil Struk dan Bayar di Kasir

Kalau Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka selanjutnya akan muncul struk yang tercetak otomatis. Dari struk itulah akan ditampilkan total tagihan yang harus Anda bayarkan. Tinggal bawa ke kasir dan bayarkan sesuai total tagihan.

Apabila tidak ada mesin seperti yang dimaksud tersebut, cara bayar listrik di Alfamart lainnya yang bisa Anda gunakan adalah langsung bayar ke kasir. Untuk cara pembayaran tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Datang ke Kasir Alfamart dan Katakan Tujuan Anda

Langkah pertama, datang ke Alfamart terdekat dari tempat Anda. Jika sudah menemukan Alfamart terdekat, berikutnya langsung ke kasir dan katakan tujuan Anda, yaitu hendak membayar tagihan listrik bulanan.

Berikan Nomor ID Pelanggan PLN

Setelah mengatakan tujuan Anda, selanjutnya petugas kasir akan menanyakan nomor ID Pelanggan PLN Anda. Tunjukkan nomor pelanggan Anda pada petugas kasir tersebut. Tunggu sampai petugas kasir melakukan pengecekan tagihan Anda. Jika sudah, petugas kasir tersebut akan menyebutkan total tagihan listrik Anda beserta biaya admin yang harus Anda bayar.

Bayar Sesuai Jumlah Nominal yang Disebutkan

Langkah terakhir, Anda harus membayarkan berdasarkan total tagihan yang dikatakan oleh petugas kasir sebelumnya. Tunggu selagi petugas kasir menyelesaikan pembayaran Anda. Berikutnya bukti pembayaran akan diberikan kepada Anda. Simpan bukti pembayaran tersebut dengan baik.

Membayar tagihan apapun melaluinya gerai minimarket saat ini bukanlah hal baru lagi. Ada banyak jenis tagihan yang bisa Anda bayarkan di gerai minimarket seperti Alfamart. Salah satunya adalah membayar tagihan listrik. Kalau Anda belum tahu bagaimana cara bayar listrik di Alfamart, informasi di atas akan sangat membantu Anda dalam membayar listrik di Alfamart.

baca juga: