Cara Bayar Listrik Pascabayar PLN Pakai Go Bills untuk Pengguna Gojek

Cara Bayar Listrik Pascabayar PLN Pakai Go Bills – Saat ini pembayaran tagihan listrik makin mudah dengan kerja sama PLN bersama bank dan aplikasi dompet virtual. Gojek merupakan salah aplikasi yang memiliki dompet virtual bernama Go Bills. Selain dapat menggantikan uang tunai untuk transaksi di Gojek, ia juga dapat membayar tagihan listrik. Berikut adalah cara bayar listrik pakai Go Bills yang sebaiknya Anda ketahui.

Langkah dan Cara Bayar Listrik Pakai Go Bills

Salah stau fitur yang terdapat dalam Go Bills adalah auto-payment. Fitur tersebut akan langsung memotong saldo yang Anda miliki ketika jatuh tempo pembayaran listrik, PDAM, maupun tagihan lain terjadi. Karena dilakukan secara otomatis, Anda tidak perlu melakukan pengaturan ulang setiap hendak melakukan pembayaran.

Untuk menggunakan auto payments di Go Bills, pengguna cukup mengaktifkannya sekali saja di awal masa pembayaran. Mengaktifkan auto payments sebagai cara bayar listrik pakai Go Bills adalah sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi Gojek

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Gojek di perangkat Anda. Jika belum memilikinya, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play, kemudian memasangnya sesuai instruksi yang diberikan. Ketika sudah selesai, buka aplikasi tersebut dan buatlah akun terlebih dahulu.

  1. Memilih Jenis Tagihan

Apabila Anda sudah selesai membuat akun dan membuka aplikasinya, maka bukalah menu yang bertuliskan Tagihan. Di dalam menu tersebut tersedia berbagai macam tagihan yang dapat di bayarkan oleh Go Bills. Untuk membayar listrik, pilih tagihan dengan tulisan PLN atau Listrik.

  1. Proses Auto Payments

Cara bayar listrik pakai Go Bills selanjutnya adalah memasukkan nomor tagihan atau nomor ID listrik yang Anda miliki. Periksa dengan benar sebelum melakukan konfirmasi. Jika sudah, akan muncul informasi singkat mengenai nomor ID yang Anda miliki, pilih menu yang bertuliskan bayar.

Langkah pengaktifan auto payments dilakukan setelahnya ketika pembayaran selesai dilakukan. Ketika pembayaran sudah selesai, pilih menu yang bertuliskan auto payments. Proses pengaktifan hanya perlu menekan menu Pasang Sekarang.

  1. Auto Payments Aktif

Jika Anda sudah mengakktifkan auto payments, Anda akan diminta untuk memasukkan enam digit PIN yang Anda miliki. Pemasangan pembayaran otomatis selesai ketika konfirmasi sukses dilakukan. Kini setiap bulan Anda tidak perlu melakukan pembayaran manual untuk listrik, sebab auto payments akan membayarkannya untuk Anda otomatis dengan memotong uang saldo.

  1. Melihat Tagihan

Cara bayar listrik pakai Go Bills menggunakan auto payments telah selesai. Untuk melihat tagihan setiap bulannya, pilih menu yang bertuliskan Tagihan atau melakukan klik pada list tagihan. Jika Anda tidak ingin mengaktifkan fitur auto payments, Anda bisa menyelesaikan pembayaran listrik setelah melakukan konfirmasi dan proses pembayaran.

Apabila Anda menggunakan fitur tersebut, tidak hanya pembayaran listrik yang dapat dilakukan secara otomatis setiap bulannya. Anda juga bisa menggunakannya untuk tagihan lain yang dibayarkan secara rutin per bulannya. Namun perlu diingat Anda harus menyediakan saldo yang cukup tiap bulan untuk melakukan pembayaran otomatis, karena jika tidak proses pembayaran tidak akan berhasil.

Demikianlah langkah mudah dan cara bayar listrik pakai Go Bills yang bisa Anda terapkan jika merupakan pengguna Gojek. Apakah Anda hendak menggunakan fitur auto payments maupun tidak, Go Bills tetap menyediakan menu pembayaran khusus untuk tagihan listrik, yang tentunya lebih mudah dan efisien dibandingkan pembayaran menggunakan metode konvensional.

baca juga: