Cara Bayar Listrik Pascabayar PLN Lewat ATM BNI

Cara Bayar Listrik Lewat ATM BNI dengan Mudah dan Cepat – Dengan perkembangan teknologi yang pesat, saat ini pembayaran listrik dan berbagai tagihan lain dapat dilakukan dengan cara daring. Yakni dengan menggunakan dompet virtual maupun rekening tabungan. Bagi pengguna rekening BNI, berikut merupakan cara bayar listrik lewat ATM BNI yang aman dan cepat, sehingga Anda tidak perlu antri untuk melakukannya di Bank.

Langkah dan Cara Bayar Listrik Lewat ATM BNI

Sebelum melakukan pembayaran, tentunya Anda harus mencari ATM BNI terdekat dari tempat tinggal Anda. Anda juga bisa menggunakan ATM bersama yang support dengan kartu ATM Anda, terutama ATM Link yang memiliki fitur pembayaran tagihan listrik di dalam menunya.

Langkah selanjutnya, bisa Anda ikuti beberapa cara bayar listrik lewat ATM BNI berikut. Lakukan langkahnya secara berurutan untuk menghindari kesalahan dalam input dan lainnya.

  1. Masukkan kartu ATM BNI Anda ke dalam mesin ATM, kemudian masukkan pin ATM yang Anda miliki. Jika sudah, lanjutkan dengan memilih pilihan bahasa yang tersedia.
  2. Anda akan dibawa masuk ke menu ATM, pilih menu yang bertuliskan Pembayaran atau Pembelian. Kemudian pilih kembali menu Pembayaran PLN di pilihan menu yang tersedia.
  3. Beberapa mesin ATM sudah memiliki menu pembayaran listrik secara khusus. Jadi jika di bagian menu awal sudah terdapat menu Pembayaran Listrik, pilih menu tersebut.
  4. Tersedia dua pilihan pembayaran yang akan Anda dapatkan ketika memilih menu pembayaran listrik, yakni pembayaran PLN Prabayar dan Pasca Bayar, pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Cara bayar listrik lewat ATM BNI selanjutnya adalah memasukan nomor ID listrik yang Anda miliki. Nomor tersebut berjumlah 12 angka dan pastikan Anda memasukkan nomor tersebut dengan benar.
  6. Setelah selesai, tekan Ya pada menu yang tersedia, maka akan muncul tagihan yang perlu Anda bayarkan. Tersedia pula informasi singkat mengenai nomor ID tersebut untuk memastikan bahwa ia memang nomor ID listrik yang Anda miliki.
  7. Lakukan konfirmasi bahwa nomor ID tersebut memang nomor Anda sebelum memilih menu Bayar yang ada. Tunggu beberapa saat setelah menekan menu tersebut untuk memastikan proses pembayaran selesai dilakukan oleh mesin ATM.

Transaksi pembayaran listrik selesai setelah Anda mendapatkan struk bukti pembayaran yang keluar dari mesin ATM. Cara bayar listrik lewat ATM BNI memang sederhana dan bisa Anda lakukan dimana saja, sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Setelah mendapatkan struk tersebut, jangan lupa menyimpannya untuk berjaga-jaga jika di kemudian hari terdapat masalah pada pembayaran.

Pembayaran telah selesai dan Anda bisa mencabut kartu ATM BNI dari mesin ATM yang Anda gunakan. untuk Anda yang ingin membayar tagihan listrik Prabayar, cara yang dilakukan juga serupa, namun Anda memilih menu tagihan listrik tersebut di bagian pemilihan pembayaran.

Jika sebelumnya Anda membayar tagihan, maka di pembayaran listrik Prabayar atau lebih sering disebut sebagai token listrik, Anda membeli pulsa untuk digunakan kemudian. Anda dapat memasukkan nominal sesuai dengan kebutuhan, dengan minimal pembelian sebesar 20 ribu rupiah.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara bayar listrik lewat ATM BNI yang bisa Anda terapkan. Semoga dengan informasi tersebut, Anda bisa mengetahui pembayaran listrik dengan lebih mudah, terutama untuk nasabah bank BNI. Kini Anda tidak perlu lagi antri untuk membayar listrik di bank, karena bisa dilakukan di ATM.

baca juga: