6 Cara Bayar Listrik Pascabayar PLN Lewat ATM BRI dengan Mudah

Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI dengan Mudah – Bank Rakyat Indonesia atau lebih dikenal dengan BRI telah menjadi sebuah bank yang mampu memberikan beberapa fasilitas untuk para nasabahnya agar lebih mudah dalam melakukan sesuatu. Terutama dengan pelayanan yang sangat cepat dari pihak bank menjadi sebuah keunggulan yang dapat dinikmati bagi para nasabah. Salah satunya yakni cara bayar listrik lewat ATM BRI sudah mulai banyak dimanfaatkan kebanyakan orang tanpa harus pergi ke kantor pelayanan PLN.

Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI dengan Mudah

Dengan banyaknya ATM yang telah tersebar di pelosok negeri, BRI telah bersepakat untuk memberikan yang terbaik, khususnya bagi para nasabahnya. Sebab dengan beberapa pelayanan yang telah BRI hadirkan di tengah masyarakat saat ini, tentunya berpeluang dalam mensejahterakan warga. Dengan memberikan kemudahan cara pembayaran listrik untuk warga yang lokasinya jauh dari kantor layanan Perusahaan Listrik Negara, tentunya sangat membantu mereka dengan memanfaatkan mesin tersebut.

Apabila Anda masih awam dalam melakukan pembayaran tagihan listrik melalui Automated Teller Machine ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Sebab ada beberapa tahapan atau cara bayar listrik lewat ATM BRI yang harus Anda ikuti agar mampu melakukannya sendiri dengan mudah dan juga cepat.

  1. Pergi ke ATM terdekat

Kunjungilah ATM terdekat dengan lokasi Anda saat ini. Pastikan ATM yang Anda kunjungi tersebut milik BRI atau yang telah mendukung ATM Bersama.

  1. Memasukkan Kartu ATM BRI

Setelah mendatangi mesin terdekat, masukkan kartu ATM yang telah Anda peroleh saat pembukaan rekening. Masukkan ke dalam lubang kartu dan pastikan posisi kartu tersebut sudah sesuai dengan yang dicontohkan pada gambar petunjuknya.

  1. Memasukkan PIN

Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan Personal Identification Number yang telah diatur saat pertama kali mengaktifkan kartu ATM. Terdapat 6 digit angka yang harus Anda masukkan dengan benar. Sebab, PIN ini berfungsi agar Anda bisa memasuki menu transaksi.

  1. Melakukan Pembayaran tagihan listrik

Untuk cara bayar listrik lewat ATM BRI selanjutnya yakni memasuki menu Pembayaran menggunakan panel yang berada di sisi kanan atau kiri layar mesin. Kemudian Anda pilih Pembayaran PLN. Pada tampilan selanjutnya, Anda akan diberi 2 buah pilihan yang sesuai dengan jenis listrik di rumah, antara lain Prabayar (token) atau Pascabayar. Pilih salah satunya untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

  1. Memasukkan no ID pelanggan

Setelah memilih jenis kelistrikan di rumah, selanjutnya Anda harus memasukkan 12 digit nomor ID pelanggan PLN. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mencatat atau membawa struk bulan kemarin agar bisa melihat nomor tersebut. Pastikan nomor tersebut Anda input dengan benar.

  1. Konfirmasi pembayaran

Langkah terakhir untuk cara bayar listrik lewat ATM BRI yaitu mengkonfirmasi tagihan. Apabila Anda tadi memilih Pascabayar, nantinya di layar akan tertera rincian biaya yang harus dibayarkan pada periode tersebut. Sedangkan untuk Prabayar, Anda harus memilih harga pembelian token yang diinginkan dari Rp 20.000 hingga Rp. 1 juta. Selanjutnya pilih Bayar untuk langkah terakhir dan mendapatkan struk pembayaran.

Itulah beberapa langkah atau cara bayar listrik lewat ATM BRI yang bisa Anda terapkan dalam pembayaran tagihannya. Untuk Prabayar, setelah Anda menerima struk atau bukti pembayarannya, terdapat 20 digit unik yang nantinya harus diinput pada meteran listrik. Oleh sebab itu, jangan sampai hilang struk tersebut. Pastikan setelah melakukan transaksi, kartu ATM jangan sampai tertinggal pada mesinnya. Semoga bermanfaat.

baca juga: