5 Cara Bayar Listrik Pascabayar Pakai LinkAja

Langkah dan Cara Bayar Listrik Pakai Linkaja Tanpa Ribet – Di era serba digital, hampir segala aktivitas manusia sudah bisa dilakukan berbasis online. Termasuk dalam hal pembayaran listrik, sekarang sudah banyak platform yang menyediakan kemudahan pembayaran tagihan prabayar maupun pascabayar. LinkAja termasuk salah satu layanan keuangan berbasis elektronik yang dapat digunakan untuk membayar listrik secara online. Berikut cara bayar listrik pakai linkaja yang mudah tanpa ribet.

Cara Bayar Listrik Pakai Linkaja Tanpa Ribet

1. Buka Aplikasi Linkaja

Jika ingin melakukan pembayaran tagihan listrik melalui Linkaja, maka terlebih dahulu pastikan Anda sudah memiliki aplikasinya. Pasang aplikasi Linkaja di smartphone Anda dengan cara mengunduhnya secara gratis melalui Playstore atau Appstore. Setelah itu lakukan instalasi, dan tunggu sampai aplikasi terpasang. Jika sudah mempunyai aplikasi Linkaja, silakan buka untuk melakukan pembayaran.

2. Login Akun yang Telah Terdaftar

Cara bayar listrik pakai linkaja dapat dilakukan apabila anda sudah mempunyai akun terdaftar dan terverifikasi. Jika belum memiliki akun, lakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengikuti petunjuk ‘daftar’ (sign up) yang tertera pada layar. Jika sudah memiliki akun, Anda hanya perlu login dengan memasukkan nomor terdaftar beserta password. Lalu klik ‘Masuk’.

Setelah masuk Anda akan sampai pada Home Page (tampilan muka aplikasi). Anda akan menemukan beberapa informasi yang tertera pada Home Page. Mulai dari informasi saldo, pilihan menu layanan (untuk kirim uang, beli pulsa, bayar listrik, bayar PDAM, dan sebagainya). Untuk melakukan pembayaran listrik, klik ikon bergambar petir yang ada tulisannya ‘Listrik’.

3. Pilih Menu PLN

Usai mengklik ikon ‘Listrik; yang terletak di sisi menu kedua pada baris pertama, cara bayar listrik pakai linkaja selanjutnya adalah pilih jenis listrik yang akan dibayar. Ada dua opsi, yaitu pertama PLN Prepaid (prabayar) yang dikenal juga dengan listrik token, karena pembayarannya menggunakan pulsa sebelum pemakaian.

Opsi kedua, PLN Postpaid (pascabayar) yang mengharuskan pembayaran setelah listrik digunakan selama satu bulan. Pembayaran listrik pascabayar melalui Linkaja biasanya dianjurkan sebelum tanggal 20 setiap bulannya. Anda pilih pembayaran opsi mana yang diinginkan. Langkah selanjutnya akan dikhususkan bagi pembayaran listrik pascabayar.

4. Input ID Pelanggan

Cara bayar listrik pakai linkaja setelah memilih PLN Postpaid, selanjutnya akan muncul kolom yang berisi ID Pelanggan. Masukkan ID pelanggan PLN Anda sebagaimana yang terdapat pada KWH meter di rumah. Praktisnya lagi, selain dengan mengetikkan ID secara manual, Anda juga bisa melakukan scanning agar lebih cepat.

Caranya dengan mengklik tanda kotak scan yang berada di sebelah kolom ID pelanggan. Aktifkan kamera smartphone, kemudian dekatkan smartphone Anda untuk scanning barcode guna menemukan ID pelanggan. Jika sudah ketemu, akan muncul ID pelanggan di layar. Pilih tombol ‘Lanjutkan’ dan ikuti instruksi selanjutnya.

5. Lakukan Pembayaran Sesuai Tagihan

Dengan memasukkan ID pelanggan, akan tampak informasi pengguna beserta nominal tagihan yang harus dibayarkan. Cek kembali apakah pengguna tersebut adalah benar milik Anda. Jika sudah benar, klik ‘Konfirmasi’ untuk memproses pembayaran. Tunggulah beberapa saat hingga selesai. Kalau sudah, Anda akan menerima struk transaksi.

Itulah cara bayar listrik pakai linkaja secara praktis. Linkaja memberikan kemudahan transaksi yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Jadi jika Anda sedang sibuk dan belum sempat membayar tagihan listrik, dengan pembayaran via Linkaja dapat menjadi solusi efektif. Anda tak perlu pergi kemanapun. Selama ada saldo yang mencukupi, Linkaja juga bisa dipakai untuk melakukan pembayaran lain seperti beli pulsa, transfer uang, dan sebagainya.

baca juga: